Muslim Berilmu

Pas aku ikut sholat Ied kemarin, aku mendapatkan tambahan ilmu mengenai perkembangan Islam pada zaman modern. Memang pada waktu penentuan 1 Syawal kemarin ada berbagai pendapat sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Tapi saat ini sudah zaman yang modern. Penentuan waktu sholat, tanggal, tahun pasti sudah bisa diketahui saat ini meski waktunya akan terjadi 10 tahun selanjutnya. Kenapa? ya itu karena kecanggihan alat yang ada saat ini apalagi penelitian yang sudah dilakukan oleh badan astronomi. Dulu memang menggunakan prediksi alam karena alat-alat pada zaman itu untuk mencari waktu sholat, tanggal, dan tahun belum sempurna. Islam itu juga perlu berkembang lho... Contohnya aja pada waktu zaman Rasulullah, orang tua diusahakan mengajari anaknya naik kuda dan memanah, tapi saat ini mau ngejar maling pake kuda atau ribet nembak maling pake panah, enggak kan... Sekarang kuda dan panah sudah ada alat yang lebih tepat yaitu sepeda motor dan pistol.

Selain itu, dari film Sang Pencerah, KH. Ahmad Dahlan berusaha membenarkan arah kiblat ke arah ka'bah yang bukan tepat ke arah barat melainkan sedikit miring ke utara. Tapi beliau malah dianggap sebagai Kyai Kafir karena merubah arah kiblat yang sebenarnya memang salah. Beliau bisa mengetahui arah kiblat yang tepat karena peta yang beliau miliki buatan kaum non-Islam. Meski peta tersebut buatan orang non-Islam apakah kita menyangkalnya? nggak kan. Karena mereka membuat peta itu berdasarkan penelitian banyak orang. Sekarang, apa Islam tidak mau mengikuti perkembangan yang sudah ada? Di Al-Qur'an pun Allah sudah menjelaskan tentang ilmu yang ada di dunia ini. Tinggal manusia yang mencarinya dan mengembangkannya.

Jadi, kita sebagai muslim jangan mau telat perkembangan yang sudah ada lho... Apalagi kita bisa nyari apa yang baru di masa ini, so, semangat para muslim untuk meraih ridho-Nya di jalan yang paling benar...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Muslim Berilmu"

Posting Komentar